Inilah 5 Bahaya Beli Smartphone Black Market, Hati-hati Boy!

Pasti kamu akan tergiur dan tertarik jika ada yang menawari kamu gadget high-end dengan harga yang super miring. Contohnya kamu ditawari dengan Iphone X Original dengan harga yang tidak jauh dari Rp.4 Jutaan. Pasti ngebet pengen beli dan memborong? nah itulah yang sedang terjadi di dunia Black Market. Produk yang resmi dikeluarkan oleh perusahaanya mencapai harga tinggi tetapi di Black Market super murah.

Orang tentunya tertarik karena keuntungan dari barang blak market adalah super murah  untuk mendapatkan produk original katanya. Banyak produk ternama yang sudah ada di black market. Jika, kamu berniat membeli barang BM, tentunya kamu harus memperhatikan bebet, bobot, dan bibitnya. Berikut artikel tentang 5 Bahaya Membeli Smartphone Black Market.

5 Bahaya Beli Smartphone BM

Smartphone black market atau biasa disebut barang BM merupakan barang yang masuk ke Indonesia tanpa melalui bea cukai. Bisa dibilang produk itu tidak resmi karena tidak sesuai prosedur hukum yang berlaku. Bisa saja kerugian ini menimpamu saat membeli barang BM. Simak ulasannya

1. Originalnya masih dipertanyakan

Sudah dikataan bahwa smartphone black market merupakan import-an barang original dari luar negri kedalam negri tanpa bea cukai. Namun, tidak semua yang di import itu 100% semua original. Banyak oknum licik yang memakai HDC, super copy dan king copy alias Replika. Bagi orang awam atau yang kurang tau mengenai ini sangat mudah untuk dikelabui. Kemungkinan besar jika kamu membeli produk dari black market adalah mendapat barang replika. Apalagi sebagian besar produk BM adalah produk gagal yang di repair semulus mungkin. Wow

2. Garansi Resmi?, Jangan Ngarep!

Namanya juga Black Market gan, tidak melewati bea cukai dan itu adalah barang yang bisa dikatakan Ilegal. Dengan ini tentinya garansi resmi dari pabrik ponsel itu hanya hayalan. Tidak ada garansi resmi, sangatlah beresiko bagi kamu sebagai pembeli. Kamu akan kesulitan klaim garansi jika ada part yang rusak. Penjual biasanya hanya memberikan garansi distributor yang bisa dikatakan Bullshit!. Hati-hatilah banyak korban dari pembelian BM dan barangnya rusak. alhasil claim garansi pun tidak bisa.

3. Smartphone Bundling

Smartphone Bundling adalah smartphone yang diciptakan hasil kerja sama dengan operator selular biasanya. Banyak sekali produk BM yang menjual smartphone bundling yang sudah diatur oleh pihak seluler yang terikat kontrak dengan pabrik. Bukan jadi masalah jika smartphone bundling itu hasil kerja sama dengan opsel dalam negri. Masalah besar adalah yang terikat kontrak dengan operator luar negri. Mau tidak mau kamu hanya bisa menggunakan gadget itu hanya dengan sim card operator yang terikat kerja sama.

4. Siap-Siap di Blokir

Beberapa waktu lalu sudah heboh dengan ponsel BM yang masuk ke Indonesia, jumlahnya pun tidak sedikit. Pemerintah siap melakukan razia terhadap smartphone yang berbau Black Market. Walau terasa kurang efektif. Tetapi sekarang, pemerintah sudah bekerja sama dengan kominfo untuk memblokir smartphone ilegal yang masuk ke Indonesia. bagaimana cara kerjanya, pemerintah cukup mendata Imei dan memblokir imei tersebut. Tentu ini sangat merugikan bagi pengguna gadget BM karena gadget nya tidak dapat digunakan.

5. Risiko Rusak Tinggi

Banyak kabar mengatakan bahwa barang Black Market adalah barang gagal tes uji oleh pabrik & barang cacat yang di repair semulus mungkin. Hal ini dapat menjadikan risiko rusak lebih tinggi. Semua kembali tergantung pemakaian, walaupun barang black market tidak semua begitu tetapi kemungkinan besar seperti itu. Jika smartphone kamu rusak tapi bukan akibat perbuatan kalian alias rusak sendiri toh gak bisa claim garansi. Selajutnya akan muncul lempar beli yang baru. Hahaha

Akhir Kata
Murah tidak nya suatu barang seharusnya bukan prioritas dalam membeli suatu barang. Tetapi, jika ada barang mulai tapi berkualitas itulah baru prioritas. Barang pepatah mengatakan Ada harga ada rupa, jika kamu ingin barang murah tapi berkualitas monggo cobalah bikin sendiri. Inilah 5 Bahaya Beli Smartphone Black Market, Hati-hati Boy! tentunya kamu harus berpikir jernih dan terbuka jika berniat membeli smartphone black market. 

Disqus Comments